Pesta Blogger 2010 Jogja

Pesta Blogger kini terdengar gaungnya di Yogyakarta. Kemarin tanggal 8-9 Oktober 2010, Kopijos turut serta dalam memeriahkan acara ini. Selama dua hari berpartisipasi dalam kegiatan Rally Panggih Batir yaitu dimana berbagai komunitas online berkeliling Yogyakarta mengunjungi komunitas-komunitas offline. Kata panggih batir berasal dari bahasa Jawa yang bermakna temu kanca atau bertemu dengan sahabat. Acaranya sangat menyenangkan dan banyak kuis dan lomba yang berhadiah menarik.

Di hari pertama, saya dan @putra_verika kumpul di Gelanggang Mahasiswa-Universitas Gadjah Mada (UGM) pukul 10.30. Dimulai dengan mengisi daftar hadir, pembagian kaos dan pin. Tidak lama kemudian kami dan teman-teman dari komunitas lain menuju pemberhentian pertama, yaitu di Joglo Mlati Resto.

Selama di perjalanan kami saling memperkenalkan diri. Turut hadir komunitas dari CahAndong, Jogtug, Bancakan 2.0, Brayat Multiply Jogja, Fiksimini, Jogja Flickr, Plesetan Jogja, Plurker Jogja, dan Resepmini.

Sesampainya di pemberhentian pertama, acara dibuka oleh ketua penyelenggara. Kemudian dilanjutkan dengan menyantap makan siang yang telah disediakan panitia.

Beberapa waktu kemudian perjalanan dilanjutkan ke pemberhentian kedua di nDalem Yudhonegaran. Di sana kami disuguhi tarian jawa, diajari menari, dan berlatih memainkan gamelan oleh komunitas UKJGS (Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta) dari UGM. Mempelajari budaya Jawa sangat menyenangkan, di sini banyak pelajaran yang kami ambil.

Kemudian sampailah di pemberhentian terakhir di hari pertama yaitu nDalem Pakualaman. Kami bertemu dengan Perkumpulan Jemparingan Mataraman, yaitu komunitas penggemar dan pelestari olahraga panahan tradisional di seputar Jogja, Surakarta dan sekitarnya. Olahraga yang mengajarkan ketelitian, kecermatan, dan disiplin tinggi.

Lanjut petualangan kami hari kedua. Pukul 9.00 kami kumpul di Gelanggang Mahasiswa UGM. Tapi hari ini ada sedikit kendala cuaca. Acara yang seharusnya dimulai pada pukul 9.30 tertunda menjadi pukul 10.00. Kami lalu menuju pemberhentian pertama pada hari kedua, yaitu AMIKOM. Di sini kami mengikuti workshop yang dipresentasikan oleh gantibaju.com dan Dagadu Jogja. Kedua brand ini memberikan kami alur konsep bisnis kaos yang menarik. Walau berbeda tetapi keduanya mempunyai keunikan dalam menjual barang dagangannya.

Pemberhentian selanjutnya ke Ambarukmo Plaza mengikuti kelas fashion di Centro. Di sini kami dikenalkan dengan seluk-beluk kain berbahan jeans. Dimulai dengan cara mencucinya kemudian diajarkan bagaimana cara memilih jeans yang cocok untuk dipakai dalam berbagai acara.

Senja berganti malam. Tibalah acara puncak Pesta Blogger 2010 Jogja yang diselenggarakan di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri (Purna Budaya) UGM. Acara berlangsung meriah. Para undangan yang hadir memadati ruangan yang cukup besar ini. Sambil makan malam dengan hidangan yang telah disediakan, kami juga menikmati pertunjukan seni. Malam itu juga diumumkan pemenang lomba-lomba yang diadakan. Syukuralhamdulillah saya menang juara 2 lomba foto Rally Panggih Batir

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + 20 =