Makan Malam di Bacem Kepala Kambing H. Sukirman

Bicara baceman tentu kita akrab dengan baceman tempe atau tahu. Jalan-jalan kali ini beda karena saya mau berbagi pengalaman berburu Bacem Kepala Kambing milik Pak H. Sukirman yang telah berdiri sejak tahun 1973 hingga sekarang. Sempat berpindah-pindah tempat dan kini berada di Jl. Kenanga No. 7 Babadan Baru, Sleman, Yogyakarta. Arah menuju kesini tidak sulit, jika anda dari perempatan ringroad jalan kaliurang lurus saja sekitar 2 Km ke arah utara sampai ketemu Pasar Colombo. Adapun Pasar Colombo letaknya berada di Jl. Kaliurang Km. 7. Nah di pasar itu ada jalan kecil ke arah timur lalu masuk saja. Baceman Kepala Kambing H. Sukirman ini berada di belakang Pasar Colombo pas di pojokan pertigaan. Nanti akan terlihat papan namanya. Buka tiap hari pukul 15.oo – 21.oo WIB. Kalau saran saya enaknya kesini ketika senja mulai tenggelam.


Langsung saja saya menempati meja yang sediakan yang kalau dihitung dalam satu ruangan sanggup menampung kurang-lebih 20 orang. Kemudian saya memesan Bacem Kepala Kambing berupa 1 porsi kepala kambing campur (ada lidah, otak, mata, kikil, dan cungur) dengan 2 porsi nasi putih dan 2 es teh. Untuk 1 porsi kepala kambing campur harganya 20.000 rupiah. Nasinya 3.000 rupiah. Es tehnya 2.000 rupiah. Total merogoh kocek 30.000 rupiah.

Sedikit bocoran bahwa proses pengolahan Bacem Kepala Kambing ini bisa dibilang unik. Kepala Kambing yang sudah dikuliti lalu dicuci bersih. Kemudian dibakar di atas bara api. Lalu kepala direbus dengan bumbu-bumbu untuk dibacem. Ketika mau dihidangkan, kepala kambing yang sudah dibacem lalu digoreng dengan minyak panas. Proses yang lumayan panjang ini membuat Bacem Kepala Kambing H. Sukirman ini mantap luar biasa. Apalagi disajikan dengan kuah baceman yang rasanya mirip kuah pempek ini sebagai pasangannya. Tak heran di dinding tembok saja jumpai foto-foto artis pernah singgah ke sini. Walau cara penyajiannya bisa dibilang minimalis tapi tidak mengurangi rasa dan keinginan untuk kembali lagi. Nah jika anda ada hajatan seperti Aqiqah bisa pesan dengan menghubungi nomor (0274) 885870.


Lihat Peta Lebih Besar

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 8 =