Menyambut Kebangkitan Film Indonesia

Kemarin resmi sudah situs-situs yang menyajikan streaming dan download film ilegal di blokir pemerintah. Ada 22 situs termasuk situs torrent sebagai upaya menanggapi aduan Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) pada tanggal 15 Agustus 2015. Sedih? Sebaliknya, ini menjadi angin segar bangkitnya industri perfilman Indonesia. Film-film horor saru semoga semakin menyusut keberadaannya digantikan film karya anak negeri yang berkualitas. Masih ingat film Laskar Pelangi, AADC, dan Denias? Bangsa ini kangen berat akan hadirnya film Indonesia sekeren itu. Diharapkan akan banyak investor mau mengadu untung.

Selain masalah perfilman di dalam negeri, ada permasalahan lain dengan film-film produksi asing. Ironis jika mengetahui film asing yang tidak lolos sensor bisa ditonton dengan mudah melalui situs download film ilegal. Kadang film tersebut dimuati kepentingan tertentu untuk merusak mental bangsa. Contohnya film Fifty Shades of Bear Grey.

Lalu seberapa efektif upaya pemblokiran ini? Toh domain yang diblok bukan IP Addressnya. Masih banyak jalan tikus untuk mengaksesnya seperti menggunakan proxy, VPN, atau SSH. Bahkan dalam beberapa hari terpantau sudah ada mirror site-nya. Menurut pendapat saya, pemblokiran ini hanya efektif bagi pengguna internet yang gaptek saja. Hahaha.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =